Apa Bedanya OEM dan Manufaktur Kontrak?

manufaktur kontrak

Dalam industri farmasi, OEM (Original Equipment Manufacturer) atau  manufaktur peralatan asli dan manufaktur kontrak merupakan dua konsep yang penting dan memiliki peran berbeda dalam rantai pasok produk-produk obat.

Kedua model tersebut memiliki keuntungan dan kerugian unik masing-masing yang membuatnya cocok untuk kebutuhan bisnis. Kalau Anda tertarik berbisnis di bidang farmasi, maka memahami perbedaan antara dua istilah ini sangatlah penting.

Perbedaan OEM dan Manufaktur Kontrak

OEM merujuk pada produsen yang membuat produk dan komponen yang dipasarkan oleh merek lain. Dalam konteks farmasi, OEM adalah pabrik yang memproduksi obat atau produk farmasi, kemudian menjualnya kepada merek lain.

Sementara kontrak manufaktur melibatkan outsourcing keseluruhan proses produksi kepada pihak ketiga.

Dalam konteks farmasi, ini berarti perusahaan farmasi menyewa pabrik untuk memproduksi produk mereka sesuai dengan spesifikasi dan permintaan. Lalu, apa yang membedakan antara kedua istilah ini?

1. Kepemilikan Produk

Dalam model OEM, pabrik yang memproduksi produk tidak memiliki merek sendiri. Pabrik membuat produk berdasarkan spesifikasi yang diberikan oleh merek lain, yang kemudian menempatkan merek pada produk tersebut.

Sementara dalam kontrak manufaktur, pabrik yang menyediakan layanan produksi bisa saja memiliki merek mereka sendiri atau tidak. Namun, mereka dipilih oleh perusahaan pemilik merek untuk memproduksi produk sesuai dengan spesifikasi dan permintaan.

2. Kontrol dan Tanggung Jawab

Meskipun produk diproduksi oleh pabrik lain, perusahaan merek yang mengontrak pabrik OEM tetap bertanggung jawab atas desain, kualitas, dan pemasaran produk.

Berbeda dengan kontrak manufaktur, perusahaan merek juga bertanggung jawab atas desain, kualitas, dan pemasaran produk, tetapi pabrik kontrak memiliki tanggung jawab langsung dalam memproduksi produk sesuai dengan spesifikasi yang diberikan.

3. Fleksibilitas Produksi

OEM biasanya memiliki fleksibilitas produksi yang lebih besar karena mungkin melayani beberapa merek dan produk yang berbeda.

Sementara kontrak manufaktur juga bisa fleksibel dalam produksi, tergantung pada kesepakatan antara perusahaan merek dan pabrik kontrak, tetapi cenderung lebih fokus pada satu merek atau produk pada satu waktu.

Sudah tahu apa saja perbedaan OEM dan manufaktur kontrak bukan? Jika Anda ingin membangun bisnis farmasi dan menggunakan bantuan pihak ketiga sebagai rantai pasokan produk obat Anda, bermitra dengan Kimia Farma saja!

Kimia Farma hadir dengan layanan produksi produk obat dengan kualitas terbaik untuk solusi bisnis Anda. 

Hubungi kami sekarang dan konsultasikan kebutuhan Manufaktur Toll Anda!

Leave A Comment