Apa itu Istilah Kontrak Manufaktur?

kontrak manufaktur

Apakah Anda pernah mendengar istilah kontrak manufaktur? Secara umum, istilah tersebut berkaitan dengan konsep bisnis yang mengalihkan kegiatan produksi kepada pihak lain. Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan efektivitas dan kapasitas produksi.

Selain itu, dengan mengalihkan proses produksi kepada pihak lain maka akan lebih menghemat biaya produksi. Untuk mengetahui pengertiannya secara lebih jelas serta keuntungan yang didapatkan, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini!

Apa itu Kontrak Manufaktur?

Baca juga: Perbedaan Toll Manufaktur dan Kontrak Manufaktur

Istilah manufaktur kontrak sebenarnya sudah cukup populer di kalangan pelaku usaha yang selama ini menerapkan konsep tersebut untuk kebutuhan produksi. 

Kontrak manufaktur sendiri bisa diartikan sebagai pengalihan tanggung jawab produksi dari satu perusahaan ke perusahaan lain.

Tentunya perusahaan atau pabrik yang menerima kontrak manufaktur memiliki keahlian serta fasilitas produksi yang memadai sehingga mampu menghasilkan produk yang berkualitas.

Dalam kontrak tersebut, pemberi kontrak akan membayar jasa atau layanan produksi sesuai perjanjian yang disepakati.

Adapun jenis produk yang biasanya diproduksi antara lain berupa produk kesehatan seperti suplemen vitamin, suplemen herbal, dan lain-lain. Selain itu juga berupa produk perawatan kecantikan dan produk perawatan bayi.

Keuntungan Kontrak Manufaktur

Bukan tanpa alasan mengapa banyak perusahaan yang menerapkan konsep ini dalam menghasilkan sebuah produk. Karena konsep bisnis tersebut memiliki keunggulan luar biasa seperti:

1. Mempercepat Proses Produksi

Dengan adanya kontrak kerjasama alih daya maka akan mempercepat proses produksi dengan berbagai fasilitas yang sudah tersedia. Konsep ini sekaligus menjadi solusi bagi perusahaan kecil yang tidak memiliki sumber daya dan pengalaman dalam kegiatan produksi.

2. Menekan Biaya Produksi

Mengalihkan kegiatan produksi kepada pihak ketiga akan membantu menekan biaya produksi karena tidak perlu melakukan investasi dalam pengadaan peralatan maupun infrastruktur produksi. 

Anda hanya perlu membayar jasa produksi dari perusahaan yang memiliki spesialisasi di bidang tersebut.

3. Efektif untuk Bisnis Kecil

Bekerjasama dengan pihak ketiga dalam kegiatan produksi sangat efektif untuk mendukung perkembangan bisnis kecil yang sedang dirintis. Pasalnya, kegiatan produksi sudah ditangani secara profesional dan terstandar sehingga perusahaan hanya perlu fokus pada pengembangan bisnis saja.

Kontrak manufaktur adalah solusi terbaik bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis secara efektif dan efisien. Untuk mendapatkan hasil produksi yang berkualitas dan sesuai standar nasional maupun internasional, Anda harus menggunakan jasa dari PT Kimia Farma.

PT Kimia Farma selain bergerak di bidang retail farmasi, juga melayani kebutuhan outsourcing atau jasa maklon. Dengan tenaga ahli dan fasilitas pabrik yang mumpuni, tentu Kimia Farma adalah pilihan yang tepat.

Tunggu apalagi? Konsultasikan kebutuhan Anda sekarang dan dapatkan layanan terbaik kami!

Leave A Comment