Perbedaan Toll Manufaktur dan Kontrak Manufaktur

Perbedaan toll manufaktur

Mungkin masih banyak yang menganggap bahwa istilah toll manufaktur dan kontrak manufaktur memiliki makna yang sama. Padahal sebenarnya ada perbedaan dari kedua istilah ini meskipun sangat mirip dan sering digunakan secara bergantian.

Pada dasarnya kedua istilah tersebut digunakan oleh produsen farmasi yang menyediakan layanan toll manufaktur sebagai upaya untuk memperluas rantai pasokan mereka. 

Dengan adanya layanan tersebut maka klien bisa lebih menghemat waktu dan biaya dalam melakukan proses produksi.

Apa Perbedaan Toll Manufaktur dan Contract Manufacturing?

Pada dasarnya kedua istilah tersebut mengacu pada kegiatan alih daya atau outsourcing produksi yang akan mengurangi biaya serta memastikan hasil produksi memiliki kualitas yang tinggi bagi klien. 

Lantas, apa sebenarnya perbedaan dari kedua istilah ini?

1. Perbedaan Layanan

Perbedaan yang pertama adalah dari jenis layanannya yang berkaitan dengan perolehan bahan. Pada toll manufaktur perusahaan farmasi bertanggung jawab atas pengadaan bahan mentah serta pengolahannya untuk sampai pada produk akhir melalui fasilitas produksi yang dimiliki.

Sedangkan pada kontrak manufaktur klien perusahaan manufaktur akan menyediakan bahan untuk diolah menjadi produk jadi. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memasok bahan tertentu namun dengan menghilangkan sebagian kontrol kualitas atas produk akhir.     

2. Keuntungan yang Didapatkan

Perbedaan lainnya bisa dilihat dari keuntungan yang akan didapatkan dari kegiatan alih daya seperti berikut:

Toll Manufaktur Kontrak Manufaktur
Kontrol yang sesuai sehingga memungkinkan perusahaan untuk memiliki kendali atas vendor yang digunakan Lebih menghemat waktu karena produsen kontrak tidak perlu memilih vendor dan bahan baku sudah disediakan klien
Mendelegasikan sub proses dengan menyewakan proses yang bukan bagian keahlian inti untuk memastikan produk akhir berkualitas tinggi Memudahkan transportasi karena perusahaan tidak perlu menunggu bahan diangkut setelah memilih vendor
Harga yang konsisten dan stabil meskipun harga bahan baku naik karena harga sudah ditentukan sebelumnya Lebih menghemat biaya produksi tanpa perlu mengurangi kualitas produk yang dihasilkan

 

Dengan mengetahui perbedaan toll manufaktur dan kontrak manufaktur di atas, maka Anda bisa lebih mudah dalam menentukan jenis kerjasama alih daya yang diinginkan. 

Nah jika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa toll manufaktur, hubungi PT Kimia Farma sekarang. Mengapa? Karena BUMN yang bergerak di bidang farmasi ini menyediakan layanan maklon yang tentu berkualitas.

Dengan sertifikat nasional dan internasional mengenai segala proses produksi, PT Kimia Farma layak menjadi partner andalan Anda!

 

Leave A Comment