Istilah Toll Out dan Manfaatnya Bagi Bisnis Farmasi

Toll out

Istilah toll out sering dikenal juga dengan maklon atau toll manufaktur. Ini adalah sebuah kegiatan alih daya yang melibatkan kegiatan produksi obat farmasi atau herbal ke fasilitas pengolahan obat di pabrik lain. Kegiatan alih daya bisa berupa produksi obat farmasi atau analisis pengujian produk.

Secara garis besar, istilah tersebut mengacu pada kegiatan yang dilakukan pabrik farmasi dengan melimpahkan produksi obat ke fasilitas produksi yang disediakan pabrik lain. 

Kegiatan ini bersifat parsial karena bahan baku dan kemasannya berasal dari klien atau pihak pemberi kontrak.

Baca juga: 5 Keuntungan Memakai Jasa Toll Manufacturing untuk Bisnis

Apa Saja Manfaat Toll Out bagi Bisnis Farmasi?

Proses produksi obat farmasi dengan memanfaatkan fasilitas produksi yang dimiliki perusahaan farmasi lainnya merupakan gambaran sederhana dari toll manufaktur atau maklon. Lantas, apa saja manfaat dari kegiatan alih daya tersebut? 

1. Mempercepat Proses Produksi secara Efektif

Banyak pelaku bisnis farmasi yang menggunakan jasa makloon atau toll manufaktur untuk mempercepat proses produksi obat dan herbal secara efektif sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar. 

Dengan begitu, perusahaan bisa lebih fokus dalam pemasaran dan pengembangan produk farmasi.

2. Menghemat Biaya Produksi

Menggunakan jasa makloon yang disediakan oleh perusahaan farmasi yang terpercaya akan memberikan keuntungan tersendiri karena bisa lebih menghemat biaya produksi. 

Dalam hal ini perusahaan yang menerima kontrak sudah memiliki fasilitas produksi yang lengkap dengan teknologi pengolahan modern.

3. Meningkatkan Kapasitas Produksi

Manfaat lainnya dari toll out adalah meningkatkan kapasitas produksi. Biasanya perusahaan tersebut memiliki kapasitas produksi yang terbatas sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar. 

Dengan mengalihkan kegiatan produksi di perusahaan besar maka kapasitas produksi obat bisa lebih ditingkatkan.

4. Memiliki Kualitas yang Terjamin

Menggunakan jasa alih daya di bidang farmasi akan memberikan manfaat bagi bisnis karena produk farmasi yang dihasilkan memiliki kualitas yang terjamin. 

Hal ini tidak terlepas dari proses produksinya yang sesuai standar serta penerapan teknologi modern yang mampu menjaga kualitas produk agar tetap baik.

Untuk mendapatkan jasa toll out yang berkualitas dan terpercaya, Anda bisa mengandalkan PT Kimia Farma

Sebagai BUMN farmasi terbesar dan terbaik di Indonesia, PT Kimia Farma menyediakan jasa toll manufaktur yang berkualitas sesuai standar nasional maupun internasional!

Leave A Comment