Mengintip Proses Pengembangan Obat Kimia Farma

pengembangan obat

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana pengembangan obat yang Anda konsumsi dibuat? Di balik setiap pil dan kapsul, terdapat proses panjang dan rumit. Juga melibatkan riset mendalam, teknologi canggih, dan komitmen tinggi untuk menghadirkan produk berkualitas. 

Hal ini pula yang menjadi perhatian khusus bagi Kimia Farma. Kimia Farma, BUMN farmasi terdepan di Indonesia  berdedikasi untuk menghasilkan obat-obatan yang aman, efektif, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Pengembangan Obat Kimia Farma

Seperti yang diketahui, Kimia Farma merupakan pelopor di industri farmasi tanah air yang hingga saat ini masih konsisten menyediakan berbagai produk farmasi terbaik bagi masyarakat. 

Tentunya dalam pengembangan obat dari mengolah bahan baku menjadi bahan jadi diperlukan proses yang panjang sesuai prosedur. 

Dalam hal ini, Kimia Farma sudah dilengkapi dengan Unit Research & Development yang memiliki tanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan penelitian maupun pengembangan produk baru.

Untuk keperluan riset, Kimia Farma juga sudah dilengkapi dengan fasilitas laboratorium. Salah satunya berupa laboratorium formulasi. Ada pula laboratorium analisis serta fasilitas ekstraksi. 

Selain itu, juga terdapat kebun tanaman obat di wilayah Bandung yang luasnya mencapai 5 hektar serta di Cianjur Selatan yang luasnya mencapai 1.060 hektar.

1. Penelitian Unit Research & Development Kimia Farma

Unit Research & Development di Kimia Farma memiliki beberapa tugas penting dalam pengembangan obat yang akan berpengaruh pada jaminan mutu produk obat yang dihasilkan. 

Baca juga: 5 Tahapan Pengembangan Obat di Indonesia

Diantaranya adalah melakukan penelitian formulasi untuk kebutuhan sediaan farmasi dan herbal, pengembangan tanaman obat hingga produk kosmetik.

2. Perencanaan Produk di Masa Depan

Seiring dengan perkembangan teknologi di bidang kedokteran dan terapi, maka Kimia Farma senantiasa mempersiapkan diri melalui perencanaan yang matang terkait pengembangan produk di masa yang akan datang.

Beberapa diantaranya berupa penelitian tentang pengembangan sel punca, radiofarmaka, hingga kultur jaringan. Selain itu, Kimia Farma bersama Unit Research & Development juga mengembangkan berbagai produk obat herbal dengan memanfaatkan kekayaan hayati yang ada di Indonesia.

Nah, perjalanan Kimia Farma dalam pengembangan obat-obatan berkualitas bukan hanya tentang riset dan teknologi mutakhir. Di balik setiap langkahnya, terdapat dedikasi tinggi untuk menghadirkan produk yang aman, efektif, dan bermanfaat bagi kesehatan masyarakat Indonesia.

Lebih dari itu, Kimia Farma juga membuka peluang kemitraan. Ayo, jadilah mitra Kimia Farma dan ciptakan masa depan industri farmasi yang lebih cerah. 

Hubungi kontak Kimia Farma Toll Manufaktur sekarang!

Leave A Comment