Pabrik Obat Ternama di Indonesia, Inilah Kimia Farma

pabrik obat

Berbicara tentang pabrik obat ternama di Indonesia, tentu Kimia Farma jawabannya. Pasalnya perusahaan kami memiliki sejarah panjang, sudah berdiri sejak masa Pemerintahan Hindia Belanda, tepatnya pada tahun 1817. Itu artinya Kimia Farma sudah beroperasi selama lebih dari 100 tahun sampai saat ini.

Sebelum dikenal dengan nama Kimia Farma, perusahaan yang didirikan Pemerintahan Hindia Belanda kami ini bernama NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co. Setelah Indonesia merdeka, kemudian dinasionalisasi dan menjadi Perusahaan Negara Farmasi (PNF) Bhinneka Kimia Farma.

Sejarah Pabrik Obat Kimia Farma

Seperti yang sudah disebutkan, Kimia Farma merupakan pabrik obat pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1817 oleh Pemerintahan Hindia Belanda. Pada tahun 1958, perusahaan kami dinasionalisasi.

Badan hukum Perusahaan Negara Farmasi (PNF) kemudian diubah menjadi PT atau Perseroan Terbatas pada tahun 1971 dengan nama perusahaan PT Kimia Farma (Persero). 

Pada tahun 2001, status perusahaan kembali mengalami perubahan menjadi perusahaan publik PT Kimia Farmasi (Persero) Tbk.

Dengan adanya perubahan menjadi perseroan, peran dan kiprah Kimia Farma semakin diperhitungkan. Khususnya dalam hal pembangunan Indonesia yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Kimia Farma pun menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia dengan kualitas produk yang terpercaya.

Kegiatan Usaha Kimia Farma

Sebagai pioneer pabrik obat di Indonesia, Kimia Farma telah menyediakan layanan kesehatan yang terintegrasi. 

Adapun bidang usaha utamanya adalah manufaktur farmasi. Kegiatan ini didukung riset dan pengembangan, distribusi dan perdagangan, serta farmasi dan ritel farmasi.

Baca juga: Kelebihan Memilih Toll Manufakturing Kimia Farma

Bukan hanya itu saja, bidang usaha kami juga meliputi laboratorium klinik serta klinik kesehatan dengan layanan yang tentunya berkualitas. 

Terkait dengan bidang usaha, Kimia Farma memiliki beragam kegiatan usaha. Misalnya produksi obat jadi maupun obat herbal, produksi iodium, kina hingga minyak nabati.

Semua produk yang kami hasilkan tentu telah mendapatkan sertifikasi CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) serta sertifikasi ISO 9001, 9002 serta ISO 14001 yang diberikan institusi Internasional. 

Bahkan, hingga saat ini ada lebih dari 385 jenis produk yang telah kami distribusikan ke seluruh wilayah Indonesia dan juga diekspor.

Nah, setelah mengenal pabrik obat Kimia Farma, pasti Anda sudah tahu bahwa kami merupakan mitra terpercaya untuk memproduksi produk farmasi dan non-farmasi berkualitas tinggi. 

Dengan fasilitas produksi modern dan peralatan canggih, kami siap membantu Anda menghasilkan produk yang memenuhi standar mutu dan keamanan yang ketat. Tim profesional yang berpengalaman membantu untuk memastikan produk Anda tercipta dengan sempurna.

Jangan ragu untuk mempercayakan kebutuhan produksi Anda kepada Kimia Farma, mitra terpercaya Anda dalam dunia farmasi!

Leave A Comment