5 Strategi Jitu Meningkatkan Penjualan Bisnis Farmasi Anda

bisnis farmasi

Industri farmasi Indonesia merupakan salah satu industri yang selalu menawarkan banyak peluang bisnis menguntungkan bagi para pelaku usaha. 

Peluang bisnis farmasi muncul karena kebutuhan akan obat-obatan dan produk kesehatan terus meningkat mengingat banyaknya penduduk di Indonesia.

Meski demikian, menjalani bisnis ini juga cukup menantang karena persaingan usaha yang cukup ketat. Alhasil, perusahaan farmasi perlu memiliki strategi jitu untuk meningkatkan penjualan dan menguasai pasar.

5 Strategi untuk Menguatkan Bisnis Farmasi

Peningkatan penjualan obat-obatan dan produk kesehatan dapat dilakukan dengan menerapkan berbagai macam strategi bisnis. Di bawah ini lima strategi yang bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan produk milik perusahaan farmasi Anda.

1. Melakukan Analisis Kebutuhan Pasar dan Peluang

Agar tingkat penjualan produk selalu tinggi, perusahaan farmasi perlu melakukan beberapa jenis analisis pasar. Salah satunya adalah analisis kebutuhan pasar. 

Analisis ini membantu perusahaan mengetahui obat-obatan atau produk kesehatan apa yang banyak masyarakat butuhkan.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB)

Selain itu, perusahaan farmasi juga perlu melakukan analisis peluang. 

Dengan melakukan analisis tersebut, perusahaan akan mengetahui produk apa yang memiliki peluang untuk laku di pasaran. Sehingga, dua analisis ini dapat meningkatkan permintaan dan penjualan produk mereka.

2. Gunakan Strategi Marketing yang Tepat

Perusahaan dapat menggunakan beberapa digital marketing channel sekaligus dalam mempromosikan produk mereka. Penggunaan channel marketing yang tepat dapat meningkatkan penjualan. 

Beberapa channel yang perlu dipertimbangkan adalah media sosial, email marketing, digital ads, dan content marketing

Baca juga: Wujudkan Bisnis Farmasi Impian Bersama Kimia Farma!

Pelaku bisnis farmasi juga dapat memasarkan produk dengan cara menjadi sponsor berbagai acara dan presentasi di depan dokter dan staf medis.

3. Pastikan Produk Berkualitas

Agar produk farmasi Anda dapat menguasai pasar, Anda perlu memastikan bahwa produk tersebut berkualitas. Produk yang berkualitas tentu lebih disukai oleh konsumen dan permintaan atas produk ini jadi selalu tinggi.

4. Tetapkan Harga yang Kompetitif

Harga produk yang ditetapkan sebaiknya tidak jauh beda dengan harga produk serupa. Jika harga tersebut jauh lebih tinggi dari harga produk serupa, maka konsumen tidak akan tertarik untuk membeli produk ini. Akibatnya, penjualan pun akan menurun.

5. Evaluasi

Evaluasi sangat penting dilakukan untuk mengetahui strategi mana yang sukses dan gagal meningkatkan penjualan produk. Sehingga, bisnis farmasi Anda dapat memperbaiki atau mengubah strategi bisnis menjadi lebih baik.

Pelaku bisnis farmasi mungkin akan mengalami kendala saat mencoba menciptakan produk berkualitas dengan harga kompetitif guna meningkatkan penjualan. Namun, kendala ini bisa diatasi dengan menggunakan jasa maklon

Jasa ini dapat Anda peroleh hanya di Toll Manufaktur Kimia Farma. Dengan tenaga ahli dan standar kualitas yang tinggi, kami siap menjadi partner andalan Anda.

Hubungi kami dan ciptakan bisnis farmasi Anda hari ini!

Leave A Comment